Daerah

Hewan Qurban di Kabupaten Soppeng Tembus 1.147 Ekor

330
×

Hewan Qurban di Kabupaten Soppeng Tembus 1.147 Ekor

Sebarkan artikel ini

Pelaksana harian (Plh) Kepala Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Soppeng Ahmad Wardiman.

Wartasulselnews.com Pelaksana harian (Plh) Kepala Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Soppeng Ahmad Wardiman menyebut, jumlah hewan  Qurban pada hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M tembus diangka 1.147 ekor.

Hal ini diungkapkan saat di konfirmasi oleh wartasulselnews com. Sabtu,(15/6/2024).

Ahmad mengatakan data itu masih bersifat sementara  berdasarkan yang di himpun oleh Kasi Bimas Islam.

Kasubag Tata Usaha Kemenag Soppeng ini merinci bahwa 1.147 ekor hewan Qurban ini tersebar di 8 Kecamatan di Kabupaten Soppeng.

“Untuk hewan Qurban Sapi itu berjumlah 1.091  ekor sedangkan kambing 56 ekor dan tersebar di 8 Kecamatan,”ucap Ahmad.

Lanjut Ahmad,merincikan data hewan Qurban untuk Kecamatan Marioriwawo sebanyak 219 ekor Sapi dan 4 ekor Kambing, Kecamatan Liliriaja 196 ekor sapi dan 7 Kambing, Kecamatan Lilirilau 223 ekor Sapi, 2 ekor Kambing,Lalabata 139 ekor sapi, 25 ekor Kambing, Donri-donri  65 ekor Sapi 3 ekor Kambing, Marioriawa 110 ekor Sapi 3 ekor Kambing,Ganra 98 ekor Sapi  3 ekor Kambing dan Citta 41 ekor Sapi dan 3 ekor Kambing,jelas Ahmad.

Ahmad menghimbau kepada Masyarakat yang akan berQurban agar memperhatikan kesehatan hewan Qurbannya.

“Hewan Qurban yang dipilih harus memenuhi syarat, baik dari segi kesehatan maupun ketentuan syariat Islam. Hewan Qurban harus berusia minimal 2 tahun untuk sapi dan kerbau, minimal 1 tahun untuk domba dan kambing, serta tidak mengalami cacat,”kata Ahmad.

Lebih lanjut, Ketua PC.NU Soppeng ini menuturkan bahwa menjaga kesehatan hewan kurban juga sangat penting untuk diperhatikan. Masyarakat diimbau untuk membeli hewan kurban jauh sebelum akan dilakukan penyembelihan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas pangan yang dikonsumsi oleh hewan Qurban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *