Daerah

Kapan Batas Terakhir Bayar Zakat Fitrah? Berikut Penjelasan Ketua Baznas Soppeng 

347
×

Kapan Batas Terakhir Bayar Zakat Fitrah? Berikut Penjelasan Ketua Baznas Soppeng 

Sebarkan artikel ini

Foto.Ketua Baznas Soppeng Km.Satturi saat memberikan tausiah di acara Ramadhan Fest.

 

Wartasulselnews.com – Zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat muslim baik perempuan maupun laki-laki, anak kecil hingga dewasa.

Namun, kapan waktu terakhir untuk membayar zakat fitrah ? Berikut penjelasan Ketua Baznas Kabupaten Soppeng.

Menurut Ketua Baznas Kabupaten Soppeng KM.Satturi,waktu membayar zakat fitrah di mulai sejak masuknya Bulan Ramadhan sampai 1 Syawal sebelum shalat Idul Fitri. Setelahnya itu sudah tidak masuk sebagai Zakat fitrah melainkan sedekah biasa.

“Hal ini di jelaskan di dalam hadist Nabi yang di riwayatkan Abu Daud dan Ibnu Madjah,bahwa barang siapa yang menunaikan zakat fitrah sebelum salat Id, maka zakatnya diterima.Tapi barang siapa yang menunaikannya setelah salat Idul Fitri, maka itu dianggap sebagai sedekah (biasa) diantara berbagai sedekah,”kata Satturi. Sabtu (6/4/2024).

Satturi menjelaskan bahwa,tidak membayar zakat fitrah atau telat membayar zakat fitrah bisa mengakibatkan pembayaran yang tidak sah dan dapat mempengaruhi keabsahan ibadah selama bulan suci Ramadan.

“Puasa Bulan Ramadan itu tergantung di antara langit dan bumi,tidak akan diangkat kecuali dengan zakat fitrah,”ucapnya.

Oleh karena itu, penting bagi kita umat muslim untuk memastikan bahwa membayar zakat fitrah harus tepat waktu, agar mendapatkan pahala yang dijanjikan Allah SWT, pungkasnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *