Artikel

Temui Menlu, Menhan Prabowo Bahas Kesiapan Pengiriman Bantuan ke Palestina

317
×

Temui Menlu, Menhan Prabowo Bahas Kesiapan Pengiriman Bantuan ke Palestina

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menemui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Jakarta, Jumat (3/11). Keduanya membahas kesiapan pengiriman dan penyerahan bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia untuk masyarakat Palestina.

Bantuan ini rencananya dikirimkan besok menggunakan dua unit pesawat milik TNI AU, yakni Hercules C-130 dengan tail number 1327 Skadron 31 Lanud Halim Perdanakusuma dan tail number 1328 Skadron 32 Lanud Abdul Rachman Saleh.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal, mengungkapkan bantuan kemanusiaan sebanyak 30 ton tersebut secara langsung bakal dilepaskan sendiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bantuan kemanusian akan dikirim melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (4/11) dan akan mendarat di Bandara El Arish Mesir, setelah itu masuk melalui jalur darat menggunakan truk besar hingga sampai di Gaza, Palestina.

Pengiriman ke Gaza melalui jalur darat tersebut disalurkan melalui badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC). Keduanya merupakan badan kemanusiaan yang beroperasi di Gaza.

Hubungan Israel dan Palestina kembali memanas sejak 7 Oktober 2023. Konflik tersebut menewaskan ribuan jiwa dan melukai ratusan ribu korban lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *