Artikel

Ikuti Expo dan Festival Hari Santri di Parepare Tiga Ponpes Asal Soppeng Sabet Juara

159
×

Ikuti Expo dan Festival Hari Santri di Parepare Tiga Ponpes Asal Soppeng Sabet Juara

Sebarkan artikel ini

WARTASULSELNEWS.COM – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar pembukaan Expo Pesantren dan Festival Hari Santri Tahun 2023 yang penuh semangat dan kreativitas, di Auditorium IAIN Parepare, pada hari Ahad lalu (22/10/2023).

Pameran produk pesantren menjadi daya tarik besar dalam festival ini. Sebanyak 36 pesantren dari delapan kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan, termasuk Parepare, Barru, Pinrang, Sidrap, Soppeng, Polewali Mandar, Enrekang, dan Tana Toraja, berpartisipasi dalam pameran dan lomba ini. Mereka memamerkan beragam produk unik yang diproduksi di pesantren mereka, mulai dari kerajinan tangan, makanan khas, pakaian, hingga literatur keagamaan.

Salah satu kompetisi utama dalam festival ini adalah “Kemandirian Pesantren Expo,” yang memungkinkan pesantren dari seluruh Indonesia untuk memamerkan inovasi dan prestasi mereka dalam mencapai kemandirian. Selain itu, ada juga lomba “Qira’atul Kutub” yang menguji kemampuan santri dalam membaca kitab suci Al-Qur’an dengan bacaan yang merdu dan mendalam.

Dalam kegiatan tersebut ada tiga (3) Pondok Pesantren asal Soppeng yang menyabet juara,Masing-masing:

1.Juara 1 Lomba Qasida PP.Yasrib Soppeng.

2.Juara 1 Pidato Bahasa Arab Putra PP.Appanang Soppeng.

3.Juara 2 Expo PP.Pergis Ganra Soppeng.

4.Harapan 1 Expo PP.Yasrib Soppeng.

5.Juara 3 Hifdzil Qur’an PP.Pergis Ganra Soppeng.

Sementara salah satu pembina Ponpes asal Soppeng Husaini mengatakan kepada media ini bahwa, festival ini menjadi bukti nyata bagaimana para santri dari berbagai pesantren dan kabupaten di Sulawesi Selatan berkumpul untuk merayakan peringatan istimewa ini,”ucapnya Jumat (27/10/2023).

Mereka tidak hanya mempererat persaudaraan, tetapi juga menginspirasi masyarakat untuk lebih menghargai dan mendukung peran santri dalam mendukung pendidikan, agama, budaya, dan pembangunan nasional,pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *