Artikel

Pengurus MUI Soppeng hadiri Halaqah Kebangsaan di Makassar

247
×

Pengurus MUI Soppeng hadiri Halaqah Kebangsaan di Makassar

Sebarkan artikel ini

WARTASULSELNEWS.COM – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Soppeng, Dr.Huzaemah Rauf,M.Ag bersama Pengurus NU Soppeng Kaharuddin, S.Pd.I, M.Pd.I menghadiri Halaqah Kebangsaan dan Keummatan di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Sabtu (14/10/2023).

Kegiatan ini merupakan salah satu program dari MUI Sulsel yang rutin diadakan dengan mengundang seluruh pengurus harian dan komisi MUI Sulsel serta para ulama dan mubaligh dalam dialog kebangsaan hampir di setiap tahunnya.

Acara ini bertemakan “Peran Umat Dalam Mewujudkan Pemilu Damai di Sulawesi Selatan Menuju Masyarakat Madani Dalam Kesatuan Negara Republik Indonesia”.

Dalam sambutannya, ketua panitia acara Prof. Dr. H. Muammar Bakry, Lc.M.Ag mengatakan, bahwa kegiatan ini juga merupakan bagian dari deklarasi damai untuk kegiatan pemilu 2024 nantinya, serta di akhir kegiatan juga akan ada maklumat deklarasi damai pemilu.

“Perlu dipahami bahwa peran dan tugas majelis ulama sebagai Khadimul Ummah (Pelayan Ummat) dan Sadiqul hukama (Mitra Pemerintah). Ulama berkewajiban untuk menyukseskan program pemerintah Republik Indonesia, yaitu pemilhan umum yang aman dan damai.Jagalah persatuan dan kesatuan,” ujarnya.

Selanjutnya Ketum MUI Sulsel dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Pemprov Sulsel atas dukungan dan bantuan sehingga acara ini berjalan lancer, selain itu juga beliau mengatakan untuk terus berupaya dalam membantu masyarakat terutama mengenai sertifikasi halal dan juga untuk menciptakan rasa nyaman dan aman di masyarakat.

Selain itu juga Sekjen MUI Pusat pun juga berkesempatan memberikan sambutan pada acara ini, beliau menyampaikan bahwasanya kegiatan ini penting karena kegiatan ini merupakan salah satu langkah dalam rangka menciptakan pemilu jujur dan adil sehingga kedepannya pemilu di Indonesia dapat berjalan lancar dan damai.

Adapun setelah kegiatan pembukaan ini dilanjutkan dengan dialog kebangsaan bersama dengan Sekjen MUI Pusat dan seluruh peserta yang sekitar 500 orang baik pengurus harian maupun komisi MUI Sulsel.

“Alhamdulillah, cukup bangga hadir di majelis mulia ini. Sebagai bagian dari tanggung jawab moral ulama dan zuama dalam mensukseskan agenda demokrasi, yaitu pemilu yang damai dan aman.Ini juga bagian menjaga dari empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Bhineka tunggal ika, NKRI dan Undang Undang Dasar 1945 disingkat PBNU,” kata Dr. H. Andi Muhammad Akmal, S.Ag., M.H.I.Ketua Jurusan Hukum Tata Negara (Siyaasah Syar’iyyah) Fakultas Syariah UIN Alauddin Makassar yang juga Pengurus MUI Sulsel dan Dewan Penasehat MUI Kabupaten Soppeng.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *