DaerahPendidikan

Santri Asal Soppeng Raih Prestasi di Mangkoso

1084
×

Santri Asal Soppeng Raih Prestasi di Mangkoso

Sebarkan artikel ini

BARRU — Pondok Pesantren DDI Mangkoso menggelar penamatan Santri ke 81 dan Haflah Tasyakur Wisuda Tahfiz PP DDI Mangkoso, Ahad – Senin, 19-20 Juni 2023 di Kampus 2 Tonronge, Kabupaten Barru.

Ketua panitia pelaksana Ahmad Rasyid A.Said, M.Pd menyampaikan bahwa, kegiatan ini menamatkan santri sebanyak 1.405 yang terdiri dari tingkatan Raudhatul Athfal (RA),Madrasah I’dadiyah (MI) Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) sedangkan Santri yang diwisuda Tahfiz sebanyak 201 orang, baik 30 juz 20, juz, dan 10 juz, termasuk 80 orng santri di antaranya, tamat 30 juz.

Bupati Barru Ir.Suardi Saleh, M.T dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan penamatan santri yang ke 81. Hal ini membuktikan bahwa PP DDI Mangkoso, rutin melaksanakan acara penamatan santri sejak tahun 1942.

“Keberadaan PP DDI Mangkoso, sangat mengangkat dan membesarkan nama Kabupaten Barru khususnya pada kegiatan MTQ, STQ,lomba baca kitab baik tingkat Provinsi maupun tingkat nasional,” ucapnya.

Sementara Anregurutta Mangkoso AG. Prof Dr. H. Muhammad Faried Wajedy, Lc, MA, dalam pengantar dan sambutannya menyampaikan terima kasih kepada para panitia dan pembina yang telah mengatur dengan baik kegiatan penamatan Santri dan Wisuda Tahfiz yang spektakuler ini.

“Bagi ananda yang telah menamatkan Madrasahnya dan Wisuda tahfiznya selamat dan jaga nama baik alamamater serta tetap jaga Akhlakul Karimah,”ujar Gurutta.

Dikatakan bahwa, salah satu keistimewaan menghafal Al qur’an adalah dapat meningkatkan intelegensi dan kepintaran. Faktanya, yang dapat peringkat atau ranking, adalah mereka para penghafal Al’qur’an. Inilah berkahnya Al’quran,kunci Anre Gurutta.

Ketua Ikatan Alumni PP DDI Mangkoso Kabupaten Soppeng (IADI) Dr. H. Andi Muhammad Akmal, S.Ag, M.H.I menyampaikan bahwa, di antara Santri yang diwisuda, ada Triple (3 Prestasi ), ada juga yang doble yang orang tuanya asal Kabupaten Soppeng.
Mereka adalah:

1.Andi Faris anak Dr. H. Andi Aderus, Lc.MA dan Dr. Hj. Asiqah Usman, Lc.M.Th.I, asal Pattojo. Peringkat 1 tamat Aliyah, Wisuda 30 Juz dan Lulus Test Universitas Al Azhar Mesir.

2.Mirna anak dari Idris dan Kamsiana asal Sewo, wisuda 30 Juz dan tamat Madrasah Aliyah dan juga alumni terbaik dari TPQ Baitul Quran Labessi

3.Andi Ahla Naylah anak dari Dr. H. Andi Muhammad Akmal, S.Ag.M.H.I dan Dr. Hj. Haniah, Lc., asal Lajoa, peringkat 1 Tamat MTs, wisuda 30 Juz dan Juara 1 Musabaqah baca kitab tingkat Provinsi dan mewakili Sul Sel ke tingkat nasional.

4.A.Ahmad Furqan anak dari Ibrahim, S.Ag dan A. Risnawati, S.HI.M.HI, asal Turun Lappae, Peringkat 1 Madrasah I’dadiyah dan Lulus ke PDF Wustha.

5.Muthia Syakila Alwi anak dari Alwi dan Rosdiana, asal Amessangeng, Peringkat 4 tamat M.Ts, dan Wisuda 20 Juz.

6.Sarmila anak dari Martang dan Hj.Suriani asal Annukkannung, Wisuda Tahfiz 20 Juz dan tamat MTs.

7.Nurul Wafiq Azizah anak dari Nurkadim, S.Ag dan Dr. Sidrah, M.Pd.I, asal Takalala, Wisuda 20 Juz dan tamat MTs.

8.Aliyah Nurul Qarirah anak dari Naharuddin dan Fitria Iskandar, asal Watansoppeng wisuda 20 Juz dan tamat MTs.

9.Hibatul Karimah anak dari H. Sukri Mudmal, S.Ag dan Hj. Kasmini Buka, S.Pd I, asal Tanjonge wisuda 20 Juz dan Tamat MTs.

Acara ini turut hadiri Ketua PB.DDI, AG. Prof. Dr. H. A. Syamsul Bahri A.Galigo, Lc.MA, Ketua DPRD Soppeng H. Syahruddin Adam pejabat yang mewakili Bupati Soppeng Andi Makkaraka,M.Si. Syekh Toha utusan Universitaa Al Azhar, Ketua PW DDI Sul Sel, Dr. H. Andi Aderus, Lc.MA, para Kepala Kemenag Kabupaten/Kota, di antaranya Kepala Kemenag Barru Dr. H. Jamaruddin, M.Ag, Kepala Kemenag Soppeng, Afdal Subaik, S.Ag.MM, Kepala Kemenag Makassar H.Irman A.Baharuddin, S.Ag.MM.(Rizal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *