News

Disambut Tari Padduppa, Dandim Baru 1423/Soppeng Resmi Berkantor

600
×

Disambut Tari Padduppa, Dandim Baru 1423/Soppeng Resmi Berkantor

Sebarkan artikel ini

Wartasulselnews.com – Komandan Kodim (Dandim) 1423 Soppeng, Letkol.Inf.Reinhard Manurung,S.Pd resmi berkantor.Ia disambut dengan tari Padduppa, sebuah tarian tradisional masyarakat Bugis bersama istri, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Kodim 1423 Soppeng,Ny.Reinhard. Haposan Manurung.Selasa (9/7/2024).

Selain Tari Padduppa, penyambutan juga diwarnai dengan pengalungan selempang sutera dan penerimaan hormat jajar dari anggota Kodim 1423 Soppeng.

Letkol.Inf.Reinhard Haposan Manurung mengantikan Letkol.Inf.Sigit Suhendro Hadi Kusmawan yang dipercaya menjabat Waka Infolahtadam XIV/Hasanuddin.

Selanjutanya,Letkol.Inf.Reinhard Haposan Manurung di berikan sebuah badik sebagai tanda kehormatan serta membacakan tiga Falsafah Bugis, Sipakatau,Sipakainge dan Sipakalebbi.

“Sipakatau,sikap yang memanusiakan manusia seutuhnya dalam kondisi apapun.Kita seharusnya saling menghormati sesama manusia tanpa melihat dia miskin atau kaya atau dalam keadaan apapun,” ujarnya.

Selanjutnya,Sipakainge,merupakan sifat saling mengingatkan yang harus dimiliki oleh setiap manusia demi keseimbangan kehidupan.

“Sipakalebbi,sifat manusia yang selalu ingin di mengerti.Maka sifat Sifakalebbi ini adalah wujud apresiasi sifat yang mampu melihat sisi baik dari orang lain dan memberikan ucapan bertutur kata yang baik atas prestasi yang telah diraihnya.Bertutur kata yang baik,antara yang muda dan tua juga termasuk Sipakalebbi,” ujar
Reinhard Haposan Manurung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *