Daerah

Kemenag Soppeng Sembelih Delapan Hewan Qurban

231
×

Kemenag Soppeng Sembelih Delapan Hewan Qurban

Sebarkan artikel ini

Wartasulselnews.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Soppeng menyembeli 8 ekor hewan Qurban pada Kamis (20/6/2024).

Pelaksanaan pemotongan hewan Qurban berlangsung di halaman Kantor Kemenag Soppeng Jalan Pakkanrebete.

Kepala Seksi Bimas Islam, H. Andi Muhammad Darwis selaku Ketua Panitia mengatakan, tahun ini keluarga besar Kantor Kemenag Soppeng menyembelih Delapan ekor sapi.

Pelaksanaan Qurban di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Soppeng selain memiliki nilai ibadah, juga memiliki nilai kebersamaan dan kekeluargaan sesama aparatur Kementerian Agama.

“Hal ini akan terwujud dalam bentuk kebersamaan mulai dari penyembelihan sampai dengan pendistribusian daging qurban tersebut,” ujarnya.

Terpisah,pelaksana harian (Plh) Kepala Kemanag Soppeng, Ahmad Wardiman mengatakan,Qurban ini merupakan wujud rasa syukur dan bentuk ketaatan kita kepada Allah SWT.

“Ini merupakan wujud rasa syukur kita atas segala rizki yang telah Allah berikan kepada kita,” ujar Ahmad.

Dijelaskan bahwa esensi berqurban bukan sekedar meritualkan penyembelihan hewan Qurban, melainkan juga transformasi diri menuju kepribadian Muslim yang bertaqwa dari penjajahan hawa nafsu dan sifat kebinatangan yang rendah serta berdimensi sosial untuk pelibatan diri manusia untuk kemanusiaan. Sehingga ibadah qurban ini adalah manisfestasi dari kesalehan ritual pribadi dan kesalehan sosial,ujarnya.

“Pelaksanaan Qurban memberi inspirasi kepada umat Islam bagaimana pentingnya pendataan penduduk, statistik sosial dan pendistribusian yang tepat sasaran dan luas manfaatnya,” ujarnya.

Selain itu, daging Qurban haruslah terdistribusi terutama kepada warga kurang mampu, anak yatim dan sebagian dinikmati oleh yang berQurban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *