Daerah

JCH Kloter 16 Embarkasi Makassar Mulai Sembelih Hewan Dam

62
×

JCH Kloter 16 Embarkasi Makassar Mulai Sembelih Hewan Dam

Sebarkan artikel ini

Wartasulselnews.com – Jamaah Calon Haji (JCH) Kelompok Terbang (Kloter) 16 Embarkasi Makassar meliputi Kabupaten Soppeng, Kabupaten Pangkep dan Kota Makassar mulai melakukan pemotongan hewan dan DAM, serta menjalankan haji Tamattu’.

“Haji Tamattu’, yakni jamaah haji yang mengerjakan umrah dan haji dengan cara dipisah. Jamaah Tamattu biasanya datang ke Tanah Suci pada masa awal haji, mereka melakukan umrah terlebih dahulu kemudian baru berhaji,” kata Afdal Ketua Kloter 16 melalui Sambungan Telepon. Senin 27 Mei 2024.

Ia menjelaskan bahwa pelaksanaan haji Tamattu’ dan qiran diwajibkan membayar dam berupa menyembelih seekor kambing atau berpuasa sepuluh hari, sedangkan dasar pelaksanaan haji Tamattu’ ada dalam QS Al-Baqarah ayat 196.

Ia menambahkan untuk pemotongan hewan maka jamaah membeli langsung di tempat dan langsung dipotong oleh petugas motong. Tidak boleh jamaah yang memotong dan jamaah hanya menyaksikan.

Selain itu,Afdal menambahkan bahwa seluruh JCH kloter 16 sudah melaksanakan umrah wajib, termasuk yang menderita sakit dan berusia uzur.

Untuk jamaah yang sakit dan uzur, pelaksanaan umrah dibantu dengan menggunakan kursi roda, didampingi pembimbing ibadah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *