News

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Pimpinan Kunker Spesifik di Tol Japek II

152
×

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Pimpinan Kunker Spesifik di Tol Japek II

Sebarkan artikel ini

Wartasulselselnews.com – Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras memimpin Kunjungan Kerja Spesifik di jalan tol Cikampek Jum’at (15/3/2024).

Kunjungan ini untuk memastikan bahwa Tol Jakarta -Cikampek (Japek) II Selatan Paket 3 siap di fungsikan saat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga, Triono Junoasmono (Yongki) dalam paparannya saat mendampingi Komisi V DPR RI ke Jalan Tol Japek II Selatan bahwa, jalan tol ini dibangun dengan biaya konstrusi sebesar Rp.14 Trilliun lebih dan membentang sepanjang 62 kilometer (km), yang terdiri dari 3 (tiga) paket pekerjaan yakni, Paket 1 ruas Jatiasih – Setu sepanjang 7,25 km masih menunggu kesiapan lahan, Paket 2 ruas Setu – Taman Mekar sepanjang 23,50 km dibagi menjadi Paket 2A Ruas Setu – Sukaragam sepanjang 10,50 km dengan progres konstruksi mencapai 10,36 % dan Paket 2B Ruas Sukaragam – Sukabungah sepanjang 13 km dengan progres konstruksi mencapai 17,06 %. Sedangkan untuk Paket 3 ruas Sukabungah – Sadang sepanjang 31,25 km saat ini progres konstruksinya telah 86,06%.

“Japek II Selatan ini merupakan jalan tol alternatif karena Jalan Tol Cikampek sangat padat sehingga diharapkan kepadatannya dapat terurai dan terdistribusikan. Nantinya masyarakat bisa pilih lewat utara (Cikampek) atau selatan (Japek II)” jelas Yongki.

Rute ini nantinya dapat dibuka situasional untuk kendaraan golongan 1 (non bus) arah Jakarta pada saat arus lalu lintas 1 arah dari Karawang Barat menuju Cirebon atau Bandung.

Sementara Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras mengingatkan Kementerian PUPR untuk selalu memperhatikan kualitas konstruksi Jalan Tol Japek II Selatan ini supaya tidak cepat terjadi kerusakan setelah operasional dan aman dari kendaraan yang over dimension over load (ODOL).

Selain itu, ia juga berpesan agar Rest Area Jalan Tol Japek II Selatan nantinya dikelola dengan profesional supaya memberikan manfaat peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitar jalan tol ini.

Politisi Gerindra asal Sulawesi Selatan ini berharap agar Pemda Jawa Barat dapat mendukung mempercepat pembebasan lahan agar pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan ini tidak terhambat.

 

 

 

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *