Daerah

IPHI Gandeng Baznas Soppeng Gelar Pembinaan Penguatan Spiritual Jamaah Haji Mandiri

402
×

IPHI Gandeng Baznas Soppeng Gelar Pembinaan Penguatan Spiritual Jamaah Haji Mandiri

Sebarkan artikel ini

Wartasulselnews.com – Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Soppeng kerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Soppeng  menggelar Pembinaan Penguatan Spiritual Menuju Jamaah Haji Mandiri tahun 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung  di Baruga Rumah Jabatan Bupati Soppeng. Minggu, (21/1/2024).

Ketua Baznas Soppeng, Km. Satturi mengatakan, kegiatan pembinaan spritual Jamaah  Haji mandiri ini menjadi momen penting untuk mempersiapkan jamaah secara mental, spiritual, dan pengetahuan praktis sebelum berangkat ke tanah suci.

Satturi  mengingatkan bahwa, zakat adalah termasuk dalam rukun islam, olehnya itu Satturi melanjutkan, alangkah baiknya jika sebelum melaksanakan kewajiban rukun islam ke 5 para jamaah calon haji melaksanakan rukun islam ke 3 yakni mengeluarkan zakat.

Di hadapan ratusan jamaah calon haji ini, Satturi juga mengingatkan untuk senantiasa mengingatkan bahwa mengeluarkan zakat adalah wajib jika harta dan penghasilan sudah mencapai nishab dan haulnya.

“Jadi zakat itu ada dua macam, zakat fitrah dan zakat mal, saya kembali mengingatkan untuk senantiasa memperhatikan kewajiban kita ini, karena dalam harta kita terdapat hak orang lain,”terang Satturi.

Sementara Wakil Bupati Soppeng Ir.H.Lhutfi Halide yang juga ketua Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Soppeng mengingatkan kepada Calon Jamaah Haji agar memperhatikan kesehatannya.

“Bagi Jamaah Haji yang akan melaksanakan pelunasan harus betul-betul menjaga kesehatannya,” ujar Wabup Soppeng.

Menurutnya, kesehatan harus di perhatikan mengingat daftar tunggu yang semakin banyak,bisa saja sudah ada nomor kursinya akan tetapi terkendala dengan kesehatan maka itu bisa di ganti.

Oleh karen itu,saya menaruh perhatian yang sangat serius khususnya kepada calon jamaah haji yang masuk daftar  untuk berangkat tahun ini untuk secepatnya mendapatkan ilmu dan bekal seperti hari ini.Agar kesiapan mental spiritual Jamaah Haji  sangat di butuhkan,apa lagi situasi dan kondisi sekarang ini,jelas Lhutfi Halide yang juga ketua IPHI Kabupaten Soppeng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *