Daerah

Mengenang Peristiwa Korban 40 Ribu Jiwa di Sulsel,KKSS Bersama IWSS Gelar Tabur Bunga

332
×

Mengenang Peristiwa Korban 40 Ribu Jiwa di Sulsel,KKSS Bersama IWSS Gelar Tabur Bunga

Sebarkan artikel ini

Wartasulselnews.com – Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) bersama Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) kota Sorong Papua Barat, memperingati hari korban 40 ribu jiwa di Sulawesi Selatan yang diperingati setiap tanggal 11 Desember dengan melakukan upacara dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Tri Jaya Sakti kota Sorong, Papua Barat.Senin (11/12/2023).

Peristiwa korban 40 ribu ini terjadi pada bulan Desember 1946 hingga Februari 1947. Belanda berkilah sebagai operasi militer Counter Insurgency atau penumpasan pemberontakan.

Ketua IWSS kota Sorong Namira Hamid mengatakan para tokoh dan sesepuh masyarakat Sulawesi Selatan (SulSel) di Papua Barat sepakat mengenang peristiwa pembantaian yang begitu kejam yang dilakukan oleh Westerling sehingga menimbulkan korban 40 ribu jiwa.

“Ini sudah menjadi agenda tahunan KKSS bersama IWSS untuk mengingat, mengenang, sekaligus menghargai jasa pahlawan kita, ” katanya.

Namira berharap warga KKSS tetap solid, kompak dan bersatu. “Dan hari ini tetap kita bersama mengenang sejarah masyarakat Sulsel dalam sebuah peristiwa korban 40 ribu jiwa, tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *