Pendidikan

Berantas Buta Aksara,Sidrah Rahman Sasar Lansia

241
×

Berantas Buta Aksara,Sidrah Rahman Sasar Lansia

Sebarkan artikel ini

WARTASULSELNEWS.COM – Salah satu upaya pemberantasan buta aksara Al Quran yang dilakukan oleh Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Marioriwawo adalah secara rutin menggelar bimbingan baca tulis Al Quran kepada masyarakat.

Bimbingan baca tulis Al Quran yang dilakukan oleh Penyuluh Agama Islam, Dr. Sidrah Nurkadim, S. Ag. M. Pd.I ini tak hanya terfokus pada masyarakat dari kalangan anak-anak dan remaja, tapi juga kepada masyarakat yang sudah lanjut usia.

Seperti yang di laksanakan pada hari Kamis 26 Oktober 2023 di Sawile Palakka,Desa Watu, Kecamatan Marioriwawo,Kabupaten Soppeng.

Menurut Sidrah, pengetahuan dan pendidikan Al Quran merupakan suatu keharusan bagi seluruh manusia terlebih bagi umat muslim. Dia menyebutkan bahwa tak jarang masyarakat yang sudah berusia lanjut tapi sama sekali tidak mengenali huruf hijaiyyah.

Adapun metode yang digunakan adalah bimbingan klasikal. Metode ini diisi dengan wawasan kagamaan tentang keluarga dan ilmu tajwid, bahkan ada juga yang private. Khusus bagi masyarakat binaan.

“Jadi kita kelompokkan terdiri atas masyarakat yang masih pemula, kemudian kelompok bagi masyarakat yang sudah dalam tahap pembelajaran menulis huruf Al Quran dan pengetahuan ilmu tajwid”,” ucapnya.

Sidrah menambahkan bahwa saat memasuki usia lanjut , hal yang sangat penting adalah mempersiapkan bekal menuju kehidupan setelah kehidupan di dunia salah satunya yaitu belajar Al-Qur’an, belajar baca tulis Al-Qur’an dan memahami makna yang terkandung dalam Al-Qur’an,pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *