Pendidikan

Prodi HTN UIN Alauddin Gelar PKM Legal Drafting

136
×

Prodi HTN UIN Alauddin Gelar PKM Legal Drafting

Sebarkan artikel ini

WARTASULSELNEWS.COM – Prodi Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Syariah Hukum UIN Alauddin Makassar menggelar penguatan kompetensi mahasiswa dalam bidang legal drafting.

Kegiatan tersebut di laksanakan di Baruga Angin Mamiri Rujab Walikota Makassar, Senin (23/10/2023).

Dalam laporannya ketua jurusan HTN Dr.H.Andi Muhammad Akmal, S.Ag,M.H.I menyampaikan bahwa kegiatan ini ada 2 sesi.Sesi pertama diikuti 120 Mahasiswa semester 7 Jurusan HTN mulai pagi sampai siang dan Sesi 2 setelah Dzuhur sampai Sore juga di ikuti 120 mahasiswa,ujarnya.

“Masing-masing mendapatkan 2 materi yaitu Legal Drafting (Tehnik Penyusunan Rancangan Peraturan) dengan Pemateri Dr. Daniati, S.STP. MH,Kabag Hukum Pemkot Makassar serta Materi Advokasi oleh Dr. Mustakim Mahmud, SH.MH (Direktur MM Law Firm/Alumni HTN FSH UINAM tahun 2012 ) serta moderator Sofyan, SH. MH (Dosen HTN FSH UINAM)”.

Pada Sesi Kedua dengan materi yang sama, oleh Andi Tenri Tappu, SH.MH Sub.Koordinator Produk Hukum PemProv.Sul Sel dan Muallim, SH.MH (Pengacara dan Alumni HTN FSH tahun 2013) dengan moderatornya Mulham Jaki Asri,SH.MH (Dosen FSH UINAM).

Lanjut di jelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan agar Mahasiswa mengetahui dan memahami teori, asas, dan kaidah legal drafting dalam penyusunan rancangan peraturan atau perjanjian/kontrak serta mengetahui dan memahami penyusunan perjanjian/kontrak yang dibuat menjadi sah, mengikat, dan dapat dilaksanakan dan meminimalkan risiko hukum baik yang akan berimplikasi secara finansial, sosial, dan ekonomi akibat perjanjian/kontrak yang dibuat tidak sesuai dengan teori, asas, dan kaidah legal drafting.

Selain itu, mahasiswa memiliki keterampilan menyusun strategi, metode, dan teknik dalam bernegosiasi, menyusun perjanjian/kontrak, mereview kontrak, dan penanganan perselisihan yang timbul akibat perjanjian/kontrak antara para pihak, kata Andi Akmal, Dewan Penasehat MUI Kabupaten Soppeng.

Sementara Wakil Dekan 1 Fakultas Syariah dan Hukum Dr.Rahman Syamsuddin, SH. M.H berpesan agar mahasiswa memperhatikan dan menyimak dengan baik kegiatan Legal Drafting ini.

“Ananda semua harus punya out put yang mumpuni, setelah acara ini yaitu memiliki skill atau keterampilan dalam membuat rancangan peraturan Daerah atau rancangan Perjanjian Kerjama (MOU). Seperti, rancangan Perdes (Peraturan Desa) dan Perjanjian Kerja Sama BUMD (Badan Usaha Milik Desa) dengan stakeholder,” ujar Dr.Rahman.

Terkait dengan Legal Drafting ada dua hal yan perlu diketahui, pertama rancangan susunan aturan dan rancangan susunan kontrak.

Kegiatan ini sangat urgen untuk ananda mahasiswa terkait dengan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah,”kunci mantan Kajur Ilmu Hukum FSH periode sebelumnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Fakultas Syariah, dalam hal ini Wadek 1 bidang akademik, Dr. Rahman Syamsuddin,SH.M.H, Kabag Hukum Pemerintah Kota Makassar Dr.Daniati,S.STP, M.H,sebagai pemateri, Kajur dan Sekjur HTN Dr. H.Andi Muhammad Akmal, S.Ag., M.H.I dan Hisbullah, SH., M.H., sebagai panitia, para Dosen HTN dan Mahasiswa HTN.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *