Nasional

Selamatkan TKI dari Hukuman Gantung di Malaysia, Prabowo: Peran Aktivis Sangat Penting

290
×

Selamatkan TKI dari Hukuman Gantung di Malaysia, Prabowo: Peran Aktivis Sangat Penting

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Prabowo Subianto, calon presiden nomor urut 2, mengungkap peran penting aktivis dalam mendukung perlindungan para pekerja migran Indonesia.

Hal itu ditegaskan Prabowo dalam debat kelima Pilpres 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (4/2).

“Menurut saya, ada beberapa kedutaan kita di beberapa negara kewalahan, masalahnya terlalu banyak. Aktivis-aktivis kita sangat membantu untuk mengikuti dan membantu pekerja migran kita di mana-mana,” kata Prabowo.

Salah satu peran penting itu kemudian dicontohkan Prabowo pada satu kasus yang pernah menimpa salah satu pekerja migran Indonesia di Malaysia, Wilfrida Soik, pada 2015 silam.

Saat itu, Prabowo mengakui dirinya diberi informasi mengenai kasus Wilfrida dari seorang aktivis. Informasi itu kemudian ditindaklanjuti oleh Prabowo untuk membantu upaya penyelamatan Wilfrida.

“Saya pernah punya pengalaman, diberitahu oleh seorang aktivis perempuan tentang seorang pekerja perempuan di Malaysia yang 2 minggu lagi mau digantung. Kalau tidak ada berita dari aktivis ini, kita tidak akan bisa bantu dan intervensi,” kata dia.

Upaya Prabowo pada akhirnya membuahkan hasil. Wilfrida berhasil bebas dari hukuman mati dan dipulangkan ke Indonesia.

“Jadi benar, peran aktivis-aktivis sangat penting di bidang pembelaan hak-hak pekerja kita di luar negeri. Mereka adalah pahlawan,” pungkas Prabowo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *