Nasional

22 Mahasiswa Palestina Tiba di RI, Terima Beasiswa dari Prabowo untuk Belajar Kedokteran hingga Teknik

329
×

22 Mahasiswa Palestina Tiba di RI, Terima Beasiswa dari Prabowo untuk Belajar Kedokteran hingga Teknik

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri acara “Penyerahan Calon Mahasiswa Asal Palestina Penerima Beasiswa Kemhan RI dari Dubes Palestina kepada Menhan RI” bertempat di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (8/11).

“Dengan mengucapkan _bismillahirrahmanirrahim_, saya Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan atas nama negara Republik Indonesia pada hari ini, Rabu tanggal 8 November 2023 pukul 09:15 WIB menerima 22 orang mahasiswa Palestina untuk mengikuti kursus bahasa Indonesia dan pendidikan S-1 di Unhan selama lima tahun. Dan saya dengan ini menyampaikan telah menerima tanggung jawab pendidikan dan pembinaan dari Dubes Palestina,” ungkap Prabowo.

Ia melanjutkan, puluhan mahasiswa Palestina itu akan menjadi calon kadet mahasiswa Unhan RI dan menempuh pendidikan di sejumlah program studi yang ada di sana.

“Mereka akan ikut di beberapa program studi. Ada yang di kedokteran, ada empat kedokteran. Kemudian ada dua di farmasi. Habis itu ada yang di teknik, teknik listrik; teknik mesin; dan teknik informatika,” jelas Prabowo.

“Dan ini tahap pertama, kami siapkan untuk tahun-tahun yang akan datang dan sesuai dengan permintaan mereka, kita siap untuk menambah beasiswa ini,” sambungnya.

Prabowo kembali menegaskan bahwa pemberian beasiswa ini menjadi bagian dari komitmen pemerintahan Indonesia dan rakyat Indonesia untuk mendukung perjuangan Palestina dalam upaya mencapai kemerdekaan mereka.

“Kita mengerti dan memahami keadaan perjuangan Palestina. Sudah puluhan tahun rakyat Palestina berada dalam keadaan tertindas dan dijajah. Kita akan terus mendukung sampai rakyat Palestina mencapai kemerdekaannya,” tegasnya.

Selain itu, momentum ini menjadi wujud realisasi atas janji Prabowo yang sebelumnya mengungkap akan memberi beasiswa penuh kepada puluhan mahasiswa Palestina untuk menempuh pendidikan di Unhan RI.

Atas beasiswa ini dan setiap bantuan yang diberikan, Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada Prabowo dan pemerintah Indonesia.

“Pada kesempatan ini, penghormatan setinggi-tingginya kami haturkan kepada Bapak Presiden Jokowi dan juga Bapak Menhan Prabowo Subianto, dan juga kepada bangsa Indonesia yang telah menyerahkan dan mendukung rakyat Palestina, terutama di Gaza,” kata Dubes Palestina.

Pemberian beasiswa ini, kata Zuhair Al-Shun, juga dinilai sebagai dukungan bagi upaya mewujudkan kemerdekaan Palestina.

“Ini menjadi bukti bahwa bangsa dan anak-anak Palestina akan menyambut kemerdekaan Palestina. Negara yang merdeka dan mendapatkan demokrasi, serta mendapatkan kemerdekaan penuh,” pungkasnya.

Acara ini turut dihadiri oleh Asisten Khusus Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin; Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Donny Ermawan; Rektor Unhan RI Letjen TNI Jonni Mahroza; serta sejumlah pejabat Kemhan dan Unhan RI.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *