Ragam

Gerhana Matahari dan Sholat Gerhana di Soppeng

313
×

Gerhana Matahari dan Sholat Gerhana di Soppeng

Sebarkan artikel ini

Oleh.Andi Muh. Akhyar, M.Sc.
Mahasiswa Program Doktor Ilmu Falak King Abdulaziz University, Saudi Arabiyah

SOPPENG.WSS.NEWD.COM-
Gerhana matahari merupakan peristiwa yang terjadi secara rutin tiap tahun ketika bumi, bulan dan matahari berada pada satu garis lurus jika terlihat dari bumi. Saat itu, bulan berada di antara bumi dan matahari sehingga piringan matahari nampak tertutupoleh bulan. Pada tanggal 20 April 2023, akan terjadi gerhana matahari di yang membentang dari samudera Hindia ke Samudra Pasifik. Di samudera Hindia, gerhana akan dimula pukul 01:34:26 (waktu Greenwich) atau 09:34:26 (waktu Gorontalo) hingga tiba di lokasi terakhirnya di samudera pasifik pada pukul 06:59:22 (waktu Greenwich) atau 14:59:22 (waktu Jakarta).

Gerhana Matahari di Indonesia
Karena ukuran bulan yang lebih kecil dari bumi, maka bayangan bulan yang sampai di permukaan bumi hanya mampu menutupi belahan tertentu saja. Yang mendapati bayangan umra (inti), akan trejadi gerhana matahari total. Yang mendapati bayangan atumbra (perpanjangan bayangan inti), akan mendapati gerhana matahari cincin. Yang mendapati banyangan penumbra (semu) akan dapati gerhana sebagian. Dan yang tidak terkena bayangan bulan tidak akan mendapati gerhana. Disisi lain, bumi yang terus berotasi, demikian pula matahari dan bulan yang terus bergerak semu, menjadikan adanya batasan waktu terjadinya masing-masing gerhana di setiap daerah. Dengan demikian, visibiltas gerhana di setiap tempat dan waktu akan berbeda.

Visibilitas gerhana di Indonesia mencakup seluruh wilayah Indonesia, kecuali sebagian provinsi Aceh. Daerah seperti Desa Kota Lama (Maluku), Kampung Wasa Mulya (Papua Barat), dan Kampung Denender (Papua) merupakan contoh daerah yang beruntung karena akan melihat Gerhana matahari total. Kampung Wasa Mulya (Papua Barat) dapat dijadikan sebagai contoh. Tempat ini akan mengalami gerhana dengan durasi 3 jam, 8 menit, 8 detik sejak 12:10:41 hingga 15:18:49 WIT. Meskipun begitu, di awal dan akhir hanya akan terjadi gerhana sebagian kecuali pukul 13:47:08 – 13:47:54 WIT (selama 46 detik), terjadi gerhana matahari total.

Sebagain besar daerah lainnya, hanya akan melihat gerhana dengan besaran visibilitas berbeda-beda sesuai magnitudonya masing-masing. Daerah Gampong Pulo Sejahtera mungkin menjadi daerah paling utara di provinsi Aceh yang akan medapati gerhana dengan waktu tidak sampai empat menit, mulai pukul 10.46 – 10.50 WIB. Ibukota Aceh sendiri (Banda Aceh), menjadi salah satu daerah yang tidak akan melihat gerhana di Indonesia. Adapun daerah lain seperti Makassar dan Gorontalo, akan mengalami gerhana sebagian sekitar tiga jam. Untuk kota Makassar, dimulai pukul 10:41:30 hingga 13:45:39 sedangkan Kota Gorontalo, mulai pukul 11:00:40 hingga 14:02:58 (WITA). Demikianlah, perbedaan tempat akan mengakibatkan perbedaan jenis/besar visibilitas gerhana dan durasi waktunya.

Selengkapnya, waktu-waktu gerhana pada tanggal 20 April 2022 untuk ibukota provinsi di Indonesia bisa dilihat di website Badan Meteorologi dan Geofiiska.

Sholat Gerhana di Soppeng
Rasulullah shallallahu álaihi wasalllam bersabda: “Matahari dan bulan adalah dua tanda-tanda kekuasaan Allah…. Jika kalian melihat gerhana maka salatlah dan berdoalah sampai gerhana itu hilang.” (HR. Bukhari-Muslim).

Imam al-Ghazali dalam risalahnya berjudul Al-Adab fid Din dalam Majmu’ah Rasail al-Imam menyebutkan beberapa adab menyambut gerhana. Salah satunya adalah anjuran untuk bertaubat. “Senantiasa memiliki rasa takut, menampakkan rasa haru, segera bertobat, tidak bersikap mudah bosan, segera melaksanakan sholat, berlama-lama dalam sholatnya dan merasakan adanya peringatan”

Sholat gerhana merupakan ibadah yang disyariatkan ketika terjadi gerhana. Karena syaratnya adalah saat terjadi gerhana, maka yang disyariatkan hanyalah orang-orang yang bedomisili di daerah yang dapat melihat gerhana. Orang yang mengetahui akan terjadi gerhana tapi di daerahnya tidak dilalui oleh gerhana, maka syariat sholat gerhana tidak berlaku kepadanya. Selain dibatasi oleh tempat, sholat gerhana juga terikat oleh waktu. Pelaksanaannya hanya berlaku saat terjadinya gerhana di tempat tersebut. Bisa dimulai saat terjadinya gerhana, dan segera dihentikan ketika gerhananya selesai. Jika gerhana sudah terjadi di tempat lain atau masih di terjadi di tempat lain, namun di daerah kita belum atau telah selesai peristiwanya, maka sholat gerhana belum/tidak disyariatkan.

Kabupaten Soppeng merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang berada di koordinat 119 53.87 BT dan 4 21.88 LS. Daerah ini akan dilalui sebagian bayangan initi bumi sehingga Masyarakat Soppeng akan menyaksikan gerhana matahari sebagian di daerahnya. Pada pukul 10.43.55.5 akan menjadi awal terjadinya gerhana, kemudian mencapai puncak pada pukul 12.14.58.7, hingga berakhir pada pukul 13.47.58.8 WITA. Durasi gerhana di kabupaten Soppeng selama tiga jam empat menit denga magnitu 0.776. artinya, aka nada 77,6 persen bagian matahari yang tetutupi oleh bulan jika dilihat dari kabupaten Soppeng.

Sholat gerhana boleh ditunaikan pada retang waktu tersebut. Karena waktu dzuhur di Soppeng pada hari itu pukul sekitar 11.59 WITA, maka paktis sholat gerhananya dapat dilakukan sejak awal gerhana misal pukul 11:00 WITA hingga dzhuhur atau mulai ba’da dzuhur hingga berakhirnya gerhana, misal pukul 13.30 WITA. Semoga kita dimudahkan untuk menjalankan ibadah yang tidak selalu hadir setiap saat ini. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *