Nasional

Survei Poltracking: Prabowo Ungguli Anies, Elektabilitas Selisih 22,9%

76
×

Survei Poltracking: Prabowo Ungguli Anies, Elektabilitas Selisih 22,9%

Sebarkan artikel ini

JAKARTA–  Elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto kian melesat dibanding Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Hal tersebut terungkap dalam hasil survei Poltracking Indonesia yang dirilis secara daring pada Sabtu (7/10). Dalam survei jelang Pemilu 2024 tersebut, selisih angka dukungan publik untuk keduanya bahkan mencapai 22,9%.

Survei Poltracking Indonesia memotret 51,2% masyarakat yakin memilih Prabowo ketimbang Anies. Sementara mantan Menteri Pendidikan itu berkutat di angka 28,3%.

“Prabowo unggul 51,2%. Kalau menggunakan syarat threshold pemilu 50%+1, itu sudah mayoritas ya. Prabowo 51,2%, Anies Baswedan 28,3%,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda.

Unggulnya elektabilitas Prabowo tidak hanya terjadi pada _head to head_ atau melawan Anies Baswedan. Nama Prabowo juga kokoh menempati puncak klasemen simulasi 3 bacapres yang bakal berlaga pada pemilihan presiden tahun depan.

Ketua Umum Partai Gerindra tersebut menduduki urutan pertama dengan elektabilitas sebesar 38,9%. Ia mengalahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 37,0% pada posisi kedua dan Anies yang mengisi posisi paling buncit dengan perolehan 19,9%.

Poltracking Indonesia melibatkan 1.220 responden berusia di atas 17 tahun yang dipilih menggunakan _multistage random sampling._ Survei ini digelar sepanjang 3-9 September 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *