NewsPolitik

Kedekatan dengan Jokowi dan Komitmen untuk Rakyat, Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar

245
×

Kedekatan dengan Jokowi dan Komitmen untuk Rakyat, Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Dua langkah cantik yang ditempuh Prabowo Subianto menjadi salah satu kunci melebarnya jarak elektabilitas capres _head to head_ versus Ganjar Pranowo.

Dalam hasil survei LSI Denny JA yang dirilis Senin, (31/7) mengungkapkan, langkah cantik pertama Prabowo adalah hubungannya dengan Jokowi yang semakin akrab.

Meskipun di satu sisi Prabowo sebagai menteri, tapi gestur yang ditunjukan Jokowi dibaca sangat kuat oleh publik sebagai dukungan kepada Prabowo.

“Banyak pengamat menilai dukungan Jokowi ini mengarah ke Prabowo di pilpres 2024,” ungkap Peneliti LSI Hanggoro Doso Pamungkas saat pemaparan survei secara virtual.

Melihat dari tingkat kepuasaan kinerja Jokowi, pada periode Januari-Maret 2023 yang menyatakan puas kepada kinerja Jokowi ialah banyak yang mendukung Ganjar, yakni Januari 53,2% dan Maret 47,8%.

Sedangkan pada periode Juni-Juli 2023 yang menyatakan puas kepada kinerja Jokowi, justru banyak yang mendukung Prabowo dari Juni 43,3% dan meningkat pada Juli 45,4%.

“Ini artinya Prabowo cukup sukses mengkapitalisasi success story yang dimiliki Jokowi, sehingga kita bisa bilang semakin ke sini, Prabowo semakin Jokowi,” kata Hanggoro.

Langkah cantik kedua adalah sosialisasi Prabowo soal komitmen kesejahteraan rakyat. Ia menilai, hal yang berkaitan dengan ekonomi menjdi isu yang seksi untuk ditawarkan kepada publik.

“Nampaknya Prabowo sudah mulai menawarkan program kepada masyarakat. Di daerah, banyak publikasi _tagline_ atau pesan Prabowo yang tegas menyatakan menyejahterakan rakyat,” ujarnya.

Ada lima program ekonomi rakyat yang diusung Prabowo seperti pendidikan gratis, biaya kesehatan, perumahan, sembako dan biaya pinjaman dana usaha.

“Ternyata 83,5% publik menyatakan suka terhadap lima program yang diusung Prabowo,” jelas Hanggoro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *