NasionalRagam

Survei Indikator, Elektabilitas Prabowo Semakin Meroket, Ganjar Anies Cenderung Turun

115
×

Survei Indikator, Elektabilitas Prabowo Semakin Meroket, Ganjar Anies Cenderung Turun

Sebarkan artikel ini

JAKARTA.WSS.NEWS.COM — Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait elektabilitas tren tiga nama calon presiden (capres) 2024 di antaranya Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan secara virtual via zoom, Minggu (30/04/2023).

Nama Prabowo, yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra semakin meroket dalam kurun waktu dua bulan terakhir dibandingkan dengan Ganjar dan Anies.

Burhanuddin Muhtadi, Direktur Eksekutif dan Peneliti Indikator Politik Indonesia (IPI) memaparkan bahwa alasan tren Prabowo meningkat lantaran faktor Approval Rating Presiden RI Jokowi mencapai 78,5%.

Prabowo menurut dia adalah pihak yang sangat diuntungkan dengan kenaikan tingkat kepuasan kinerja Jokowi yang naik dari bulan Maret 73,1% menjadi 78,5% pada bulan April 2023.

“Ini kabar baik buat Pak Prabowo. Dia naik terus,” jelas Burhanuddin.

Diketahui, dalam tiga nama calon presiden 2024 suara Ganjar memang masih tertinggi mencapai 34%, kemudian disusul Prabowo 31,7% dan Anies 25,2%.

Akan tetapi, menurut Burhanuddin ketiga nama tersebut jika dilakukan pemilihan pilpres saat ini belum ada yang bisa menang dalam satu putaran.

“Kita harus menunggu lebih sabar karena masih ada 10 bulan ke depan. Polanya semua konsisten ya. Ganjar turun. Anies turun. Prabowo naik.” Ucap Burhanuddin.

Hasil survei merilis grafik Indikator Politik dalam 6 bulan terakhir, Prabowo 26.3% pada bulan Oktober 2022. Kemudian turun menjadi 23.9% pada bulan November 2022. Lalu, turun pada Februari 2023 menjadi 24,1% naik lagi mencapai 27% pada Maret 2023. Dan, kembali naik pada April 2023 mencapai 31,7%.

Adapun Bawono Kumoro sebagai salah satu Peneliti IPI memaparkan bahwa Prabowo semakin meroket elektabilitasnya lantaran kinerja positifnya sebagai Menteri Pertahanan, komunikasi yang terjalin antara Prabowo dengan Jokowi cukup baik.

“Dalam dua bulan terakhir, pola dukungan publik terhadap Prabowo cenderung mengikuti pola kepuasan atas kinerja Presiden.” Jelas Bawono.

“Keberhasilan Prabowo Subianto menuai dukungan dari sebagian pemilih Presiden Jokowi tidak terlepas dari sokongan-sokongan Presiden dalam berbagai kesempatan. Sehingga, di mata pemilih Presiden Jokowi dalam dua pemilu terdahulu Prabowo diasosiasikan sebagai bakal calon Presiden yang paling direstui Presiden,” kata Bawono.

Adapun temuan survei nasional ini dilakukan selama periode 11-17 April 2023 dengan total sejumlah 1.220 Responden.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *